PENGARUH KINERJA KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK (Studi Kasus : Tiga Proyek Pembangunan Gedung Komersial di Denpasar dan Badung)

  • Gezy Natalia Christviyani Manafe Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Intara Politeknik Negeri Bali
  • Putu Hermawati Politeknik Negeri Bali

Abstract

 Perkembangan dunia pariwisata di Bali memicu meningkatnya pembangunan proyek-proyek gedung komersial di Bali. Hal tersebut menjadikan suatu proyek harus memiliki  kualitas baik segi mutu, waktu maupun biaya. Persoalan mengenai ketepatan waktu pelaksanaan merupakan indikasi bahwa kinerja konsultan MK sangat diperlukan. Oleh karena itu kinerja konsultan MK harus diberikan perhatian yang lebih dengan mempertimbangkan faktor-faktor variabel kinerja yang mempengaruhi yaitu kompetensi, pengalaman, koordinasi dan manajerial, dan Kecukupan SDM Internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja konsultan manajemen kontruksi terhadap ketepatan waktu pelaksanaan proyek (studi kasus 3 Proyek Gedung Komersial di Denpasar dan Badung). Pada penelitian ini kompetensi, pengalaman, koordinasi dan manajerial, dan kecukupan SDM internal sebagai variabel bebas dan ketepatan waktu sebagai variabel terikat. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan yang menjabat sebagai Project Manager, Site Manager, Site Engineering, Chief Engineering, Quality Control, Quality Surveyor, Pelaksana, Drafter dan Document Control (DC) pada kontraktor, penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear sederhana dan berganda dengan bantuan program SPSS Versi 22.  Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pengaruh kompetensi sebesar 33,2% pengalaman kerja mempunyai pengaruh sebesar 32,7%, koordinasi dan manajerial mempunyai pengaruh sebesar 31,5% dan kecukupan SDM internal mempunyai pengaruh sebesar 21% terhadap ketepatan waktu, Secara simultan keempat variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu yaitu sebesar 42.3%. Maka dengan demikian faktor kinerja konsultan MK berpengaruh terhadap ketepatan waktu pada konsultan Manajemen Konstruksi (Studi Kasus : 3 Proyek Gedung Komersial di Denpasar dan Badung) 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
MANAFE, Gezy Natalia Christviyani; INTARA, I Wayan; HERMAWATI, Putu. PENGARUH KINERJA KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK (Studi Kasus : Tiga Proyek Pembangunan Gedung Komersial di Denpasar dan Badung). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 107-114, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1670>. Date accessed: 21 feb. 2020.