ALTERNATIF PEMILIHAN PONDASI DALAM PADA ABUTMEN JEMBATAN CIBITUNG PADA PROYEK PEMBANGUNAN ACCESS ROAD PLTA UPPER CISOKAN

  • Luh Putu Prativi Putri Suardika Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Intara Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Sedana Triadi Politeknik Negeri Bali

Abstract

Jembatan merupakan konstruksi yang berfungsi untuk meneruskan jalan dari suatu tempat ke tempat yang lain yang terhalang oleh rintangan. Dalam kontruksi jembatan terdapat beberapa bagian penting salah satunya adalah pondasi jembatan itu sendiri. Pondasi adalah suatu konstruksi pada bagian dasar skturktur bangunan yang berfungsi untuk meneruskan beban yang diakibatkan struktur pada bagian atas kepada lapisan tanah yang berada pada bagian bawah struktur tanpa mengakibatkan keruntuhan geser tanah, dan penurunan tanah pondasi yang berlebihan. Dalam pemilihan jenis pondasi perlu diperhatikan beberapa hal, antara lain beban - beban yang dipikul oleh pondasi dan letak tanah keras. Berdasarkan hal tersebut pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pondasi dalam yang bisa diaplikasikan pada lokasi proyek tersebut dengan efisien. Jembatan Cibitung mempunyai bentang total yaitu 20,6 m dan lebar 13,2 m. Penelitian yang dilakukan pada penulisan skripsi ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif. Dikatakan deskriptif karena dalam penelitian ini penulis akan membuat deskripsi berdasarkan data aktual di lapangan. Dikatakan komparatif karena dalam penelitian ini penulis akan membandingkan biaya pada struktur pondasi dalam abutmen jembatan yang menggunakan bor pile dan tiang pancang. Untuk dapat menganalisis jumlah pondasi yang diperlukan dilakukan dengan menghitung beban – beban yang harus dipikul oleh pondasi. Hasil dari perhitungan beban tersebut terdiri dari beban sendiri struktur sebesar 7.228,55 kN, beban kerja sebesar 2.779,58 kN, beban tekanan tanah aktif sebesar 865,69 kN dan beban akibat gempa sebesar 1.631,07 kN. Maka jumlah pondasi bor pile yang diperlukan adalah 15 buah. Untuk perencanaan pondasi tiang pancang dengan material beton precast yang memiliki kekuatan 450 kg/cm2 dan dimensi 25 cm x25 cm dibutuhkan 23 buah. Hasil penelitian ini menunjukkan biaya total penggunaan pondasi bor pile adalah Rp 301.927.200,- dan biaya total penggunaan pondasi tiang pancang adalah Rp 349.600.000,-. Dari kedua alternatif ini alternatif yang paling terbaik adalah pondasi bor pile dengan nilai efisien 15% dari pondasi tiang pancang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
SUARDIKA, Luh Putu Prativi Putri; INTARA, I Wayan; TRIADI, I Nyoman Sedana. ALTERNATIF PEMILIHAN PONDASI DALAM PADA ABUTMEN JEMBATAN CIBITUNG PADA PROYEK PEMBANGUNAN ACCESS ROAD PLTA UPPER CISOKAN. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 127-132, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1673>. Date accessed: 06 june 2020.