ANALISIS PERCEPATAN WAKTU PENYELESAIAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE FAST-TRACK DAN CRASHING (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jembatan Ruas Jalan Pujungan – Tibu Dalem)

  • I Nyoman Doni Mahendra Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Suardika Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Sujahtra Politeknik Negeri Bali

Abstract

Dalam proses pembangunan sebuah proyek konstruksi kerap terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti terjadinya keterlambatan pekerjaan pada proyek. Keterlambatan pekerjaan proyek dapat terjadi karena faktor yang berbeda-beda seperti kondisi cuaca yang tidak mendukung, perubahan desain dan kesalahan dalam perencanaan. Maka dari itu diperlukan alternatif yang bisa digunakan untuk menunjang percepatan penyelesaian proyek. Didalam penelitian ini akan menganalisis percepatan durasi penyelesaian proyek pada proyek Pembangunan Jembatan Ruas Jalan Pujungan – Tibu Dalem, dengan mengunakan metode crashing dan metode fast track. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa biaya dan waktu setelah percepatan dari masing-masing metode tersebut dan menentukan metode mana yang lebih efisien untuk digunakan pada proyek Pembangunan Jembatan Ruas Jalan Pujungan – Tibu Dalem. Dari hasil analisis pada penelitian ini didapatkan bahwa total biaya proyek kondisi normal sebesar Rp. 4.374.471.246,- setelah dilakukan percepatan dengan metode crashing sebesar Rp. 4.325.986.058,- atau mengalami penurunan sebesar 1,11 % dari biaya awal sebelum dipercepat, kemudian untuk metode fast track didapatkan total biaya proyek sebesar Rp. 4.269.483.936,- atau mengalami penurunan sebesar 2,4 % dari biaya awal sebelum dipercepat. Sedangkan untuk durasi pekerjaan normal adalah 150 hari, setelah dilakukan percepatan dengan metode crashing didapatkan durasi total proyek menjadi 134 hari atau 10,7 % lebih cepat dibandingkan dengan durasi normal, kemudian untuk metode fast track didapatkan durasi yaitu 126 hari atau 16 % lebih cepat dibandingkan dengan durasi normal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode fast track lebih efisien untuk memperoleh biaya minimum dan waktu optimal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
MAHENDRA, I Nyoman Doni; SUARDIKA, I Nyoman; SUJAHTRA, I Wayan. ANALISIS PERCEPATAN WAKTU PENYELESAIAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE FAST-TRACK DAN CRASHING (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jembatan Ruas Jalan Pujungan – Tibu Dalem). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 133-138, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1674>. Date accessed: 06 june 2020.