ANALISIS KOMBINASI PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN TANAH YANG OPTIMUM DARI SEGI BIAYA DAN WAKTU (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Balai Budaya Graha Mangu Mandala)

  • Gede Rudy Kusuma Artha Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Adi Suryawan Politeknik Negeri Bali
  • Anak Agung Ngurah Roy Sumardika Politeknik Negeri Bali

Abstract

Mengoptimalisasikan biaya maupun waktu dalam pelaksanaan proyek adalah suatu hal yang penting dalam dunia kontruksi, tak hanya pekerjaan struktur pekerjaan galian tanah juga memerlukan optimalisasi penggunaan alat berat. Agar tercapainya penggunaan alat berat yang optimal, harus diperhitungakan terlebih dahulu rencana penggunaanya berdasarkan pekerjaan apa yang akan dikerjakan, volume pekerjaan, dan factor lainnya. Penggunaan kombinasi alat berat yang tidak terencana dapat mengakibatkan biaya berlebihan dan keterlambatan waktu pekerjaan. Penelitian ini dilakukan pada proyek Pembangunan Gedung Balai Budaya (Graha Mangun Mandala). Metode yang digunakan untuk menganalisis data yakni diawali dengan mensurvei kondisi lapangan, mencari data-data pendukung dalam melakukan analisis nantinya dan kemudian dilakukannya pengolahan data agar menghasilkan beberapa kombinasi alat berat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa yang menghasilkan kombinasi penggunaan alat berat yang optimum dari segi waktu dan biaya adalah menggunakan 1 unit Excavator Komatsu PC 300, 1 unit Excavator Komatsu PC 200, 3 Komatsu PC 200 Hidraulic Breaker dan 9 unit Dumptruck Mitsubishi FE 74 HD 125 Ps dengan kapasitas 8 m3. Kombinasi ini memerlukan waktu selama 281.12 jam, dengan total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 1,561,813,551.14

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
ARTHA, Gede Rudy Kusuma; SURYAWAN, Kadek Adi; SUMARDIKA, Anak Agung Ngurah Roy. ANALISIS KOMBINASI PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN TANAH YANG OPTIMUM DARI SEGI BIAYA DAN WAKTU (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Balai Budaya Graha Mangu Mandala). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 159-164, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1678>. Date accessed: 10 apr. 2020.