ANALISIS BIAYA SISA MATERIAL PROYEK KONTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap Kelas 3 RSUD Tabanan)

  • Gede Aditya Premana Politeknik Negeri Bali
  • Putu Dana Pariawan Salain Politeknik Negeri Bali
  • I GA Istri Mas Pertiwi Politeknik Negeri Bali

Abstract

Sisa material konstruksi didefinisikan sebagai sesuatu yang sifatnya berlebih dari yang diisyaratkan baik itu berupa hasil pekerjaan maupun material konstruksi yang tersisa/tercecer/rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi sesuai fungsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan kuantitas sisa material pada proyek, berapa biaya yang ditimbulkan oleh sisa material tersebut dan mengetahui solusi yang tepat untuk mengurangi terjadinya sisa material yang akan terjadi. Penelitian dilakukan pada proyek pembangunan gedung rawat inap kelas 3 RSUD Tabanan). Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan penentuan jenis material tidak tercampur terlebih dahulu kemudian dilakukannya perhitungan manual untuk menghitung kuantitas sisa material dan memnentukan material yang dominan menggunakan metode diagram pareto. Setelah itu dilakukan analisis biaya yang diawali dengan perhitungan wastage level kemudian mencari perhitungan waste cost dan diakhiri dengan penentuan solusi yang efektif dengan tahapan waste heirarchy. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat 17 jenis material yang tidak tercampur dan kuantitasnya. Untuk material yang dominan terdapat 3 material yaitu material besi pokok ø16, ø10, ø13. Untuk wastage level yang tertinggi adalah material besi pokok ø13 dengan volume waste 4001,20 Kg dan wastage level 5,61% dan waste cost yang tertinggi besi pokok ø16 dengan total waste cost sebesar Rp. 77.723.336,50. Sedangkan untuk hasil waste index  hasil yang diperoleh adalah 0,48, dan menggunakan patokan dari materi buku Australian Government yang berjudul “Construction and Demolition Waste Guide - Recycling and Re-use Across The Supply Chain” dan tahapan waste heirarchy sebagai solusi efektif untuk meminimalisirkan timbulnya sisa material yang berlebihan. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
PREMANA, Gede Aditya; SALAIN, Putu Dana Pariawan; PERTIWI, I GA Istri Mas. ANALISIS BIAYA SISA MATERIAL PROYEK KONTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus Proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap Kelas 3 RSUD Tabanan). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 177-182, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1681>. Date accessed: 10 apr. 2020.