Manajemen Material Pada Proyek Perencanaan Pembangunan Gedung (Studi Kasus Proyek Pembangunan Rumah Tinggal Dua Lantai, di Jalan Raya Giri Kencana, Jimbaran, Badung, Bali)

  • Ni Kadek Dwi Yuni Ariani Politeknik Negeri Bali
  • Wayan Darya Suparta Politeknik Negeri Bali
  • Evin Yudhi Setyono Politeknik Negeri Bali

Abstract

 Manajemen material berperan penting dalam pengelolaan, pengalokasian, dan penjadwalan sumberdaya proyek. Penerapan manajemen yang kurang tepat berdampak pada keterlambatan waktu penyelesaian pekerjaan, pembengkakan biaya dan ketidaksesuaian mutu kontruksi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan pengadaan material, penyimpanan material, dan sitem control material proyek dengan meneliti kasus pembangunan rumah tinggal Dua Lantai, di Jln Giri Kencanan, Jimbaran, Badung, Bali. Perencanaan manajemen material dimulai dari pemilihan material sesuai dengan spesifikasi teknis dan RAB, Penjadwalan Kebutuhan Material, Pemilihan Supplier, Jadwal pengadaan material, dan controlling material. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, hasil analisisnya menghasilkan biaya pengadaan material sebesar Rp. 450,752,300,- tempat penyimpanan material meliputi gudang dengan kapasitas ±150 zak semen, penyimpanan material kayu dan besi dengan luas 9m2, penyimpanan agregat halus, kasar dan batu kali yang memiliki luas 34m2 dengan kapasitas penyimpanan sebesar 50 m3, dan berdasarkan control biaya material menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 48,116,214,79 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
ARIANI, Ni Kadek Dwi Yuni; SUPARTA, Wayan Darya; SETYONO, Evin Yudhi. Manajemen Material Pada Proyek Perencanaan Pembangunan Gedung (Studi Kasus Proyek Pembangunan Rumah Tinggal Dua Lantai, di Jalan Raya Giri Kencana, Jimbaran, Badung, Bali). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 195-200, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1686>. Date accessed: 27 feb. 2020.