ANALISIS PERKUATAN KELONGSORAN LERENG DENGAN MENGGUNAKAN GEOTEXTILE DI DESA SUKAWATI, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR

  • Ni Luh Gde Saheni Widya Santhi Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Ramia Politeknik Negeri Bali
  • Dr. I Ketut Sutapa Politeknik Negeri Bali

Abstract

 Jalan penghubung antara desa Sukawati dan desa Tegenunang berdiri diatas tebing yang cukup curam sehingga tanah longsor tidak dapat dihindari. Penggunaan geotextile merupakan salah satu alternative untuk penanganan longsor lanjutan serta kelongsoran jangka panjang. Salah satu tipe geotextile yang dapat digunakan sebagai perkuatan sesuai dengan fungsi dan kelebihan yang dimiliki yaitu geotextile woven, fungsinya sebagai perkuatan lereng dan penahan erosi atau gerusan serta memiliki kekuatan tarik yang cukup tinggi sehingga mampu dijadikan perkuatan lereng. Dalam menganalisa stabilitas lereng eksisting dilakukan pengujian sampel tanah di laboratorium terlebih dahulu dan didapatkan nilai kohesi sebesar 0.44 kg/cm2 dan sudut geser dalam sebesar 27.69°. Kemudian dilakukan perhitungan stabilita lereng dengan metode fellenius dan didapat hasil faktor keamanan sebesar 0.87 sehingga dapat dikatakan lereng dalam kondisi labil/tidak aman. Maka dilakukan perencanaan perkuatan geotextile woven yang dibuat berdasarkan Pedoman Konstruksi Bangunan No. 003/BM/2009 tentang “Perencanaan dan Pelaksanaan Perkuatan Tanah Dengan Geosintetik”, oleh Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Teknik. Setelah dilakukan kontrol stabilitas eksternal terhadap perkuatan geotextile yang dilakukan, didapat nilai faktor keamanan stabilitas terhadap cabut sebesar 2.51, tahanan gelincir zona bawah sebesar 6.019, zona tengah sebesar 4.744, zona atas sebesar 3.157 serta stabilitas keruntuhan dalam global sebesar 2.20. Angka keamanan tersebut menunjukkan rencana perkuatan memenuhi syarat aman. Rencana Anggaran Biaya dari perkuatan tersebut juga disusun untuk mengetahui besaran biaya yang dibutuhkan, dimana perhitungan Rencana Anggaran Biaya Perkuatan Lereng menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum – Balitbang PU dan didapatkan biaya sebesar Rp. 4,206,429,107.18.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
SANTHI, Ni Luh Gde Saheni Widya; RAMIA, I Nyoman; SUTAPA, Dr. I Ketut. ANALISIS PERKUATAN KELONGSORAN LERENG DENGAN MENGGUNAKAN GEOTEXTILE DI DESA SUKAWATI, KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 229-232, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1692>. Date accessed: 10 apr. 2020.