ANALISIS PENGARUH KONFLIK TERHADAP KESUKSESAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN BADUNG ( Studi Kasus di Kecamatan Kuta Selatan )

  • Ida Bagus Ari Suya Jnana Politeknik Negeri Bali
  • Ida Bagus Putu Bintana Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Dana Ardika Politeknik Negeri Bali

Abstract

 Pada tahap pelaksanaan proyek konstruksi sangat besar kemungkinan terjadinya konflik. Karena dalam pelaksanaan proyek konstruksi sumber daya yang digunakan besar, jumlah kegiatan yang sangat banyak dan melibatkan banyak pihak yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Perbedaan-perbedaan tujuan, pandangan, pendapat dari masing-masing pihak dapat menimbulkan konflik. Analisis pengaruh konflik terhadap kesuksesan pelaksanaan proyek konstruksi ini merupakan penelitian deskriptif dan regresi yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang menimbulkan konflik dan bagaimana pengaruh konflik terhadap kesuksesan pelaksanaan proyek konstruksi. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden yang diteliti adalah kontraktor, konsultan pengawas dan subkontraktor pada tingkat manajemen menengah yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan konstruksi gedung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Untuk mengetahui keakuratan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui faktor dominan yang dapat menimbulkan konflik dilakukan analisis mean dan untuk menganalisis pengaruh konflik dengan kesuksesan proyek dilakukan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor dominan yang menimbulkan konflik dalam pelaksanaan proyek konstruksi adalah spesifikasi yang kurang jelas, penempatan personil tidak sesuai dengan keahliannya, kurang pengalaman menangani proyek, keterlambatan peralatan dan bahan, kontrak dan spesifikasi. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel konflik dari kontrak dan spesifikasi, sumber daya manusia, manajemen dan organisasi, kondisi proyek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesuksesan proyek atau mampu mempengaruhi kesuksesan proyek sebesar 62,7% sedangkan 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
JNANA, Ida Bagus Ari Suya; BINTANA, Ida Bagus Putu; ARDIKA, I Wayan Dana. ANALISIS PENGARUH KONFLIK TERHADAP KESUKSESAN PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DI KABUPATEN BADUNG ( Studi Kasus di Kecamatan Kuta Selatan ). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 233-236, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1693>. Date accessed: 10 aug. 2020.