ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENYEWAAN ALAT BERAT SEPERTI EXCAVATOR, DUMP TRUCK DAN BULLDOZER DI WILAYAH BULELENG DAN SEKITARNYA.

  • Rendi Bagus Pratama Politeknik Negeri Bali
  • ,I Made Suardana Kader Politeknik Negeri Bali
  • Wayan Darya Suparta Politeknik Negeri Bali

Abstract

:Untuk memenuhi kebutuhan perkembangan proyek konstruksi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat membutuhkan waktu lama dan pembiayaan yang besar. Jenis konstruksi ini memiliki item pekerjaan yang beragam dan ada beberapa item pekerjaan yang tidak mungkin dapat dikerjakan oleh manusia dengan waktu yang singkat. Oleh karenanya, Alat berat bisa menjadi solusi yang tepat untuk membantu proses pembangunan tersebut agar menjadi tepat waktu dan efisien. Tujuan dari penelitian adalah mengidentifikasi besaran modal yang diperlukan untuk investasi penyewaan alat berat serta Mengidentifikasi layak atau tidaknya investasi alat dan waktu kembalinya modal yang diinvestasinya. Manfaat daro penelitian ini adalah agar Agar dapat mengetahui layak atau tidaknya usaha penyewaan alat berat serta biaya dapat diketahui besaran biaya yang diperlukan untuk melakukan peneilitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Biaya modal yang di tanamkan untuk investasi alat berat pada wilayah kabupaten Buleleng dan sekitarnya sebesar Rp Rp.3.392.775.000,00 (tiga miliar tiga ratus sembilan puluh dua juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu rupiah). Analisis kelayakan investasi alat berat wilayah kabupaten buleleng dansekitarnya dinyatakan layak karena memiliki nilai NPV (Net Present Value) = Rp. 1.492.451.555,00 > 0; BCR (Benefit Cost Ratio) = 1.122 > 1; Discounted PBP (Payback Periode) = 4 tahun > 5 tahun; IRR (Internal Rate of Return) = 38% > 12% (suku bunga bank yang berlaku). 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
PRATAMA, Rendi Bagus; KADER, ,I Made Suardana; SUPARTA, Wayan Darya. ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENYEWAAN ALAT BERAT SEPERTI EXCAVATOR, DUMP TRUCK DAN BULLDOZER DI WILAYAH BULELENG DAN SEKITARNYA.. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 265-270, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1699>. Date accessed: 27 feb. 2020.