ANALISIS KINERJA DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA TRANSPORTASI BUS TRANS SARBAGITA (Studi Kasus : Koridor I, Kota - GWK)

  • Kadek Wahyu Paramartha Politeknik Negeri Bali
  • I GM. Oka Aryawan Politeknik Negeri Bali
  • Putu Hermawati Politeknik Negeri Bali

Abstract

Pemerintah provinsi Bali berusaha untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi. Salah satu solusi pemerintah dalam mengurangi kemacetan yang sering terjadi pada ruas jalan ibukota adalah membuat sarana transportasi masal yang murah, nyaman, dan aman. Salah satu transportasi masal tersebut adalah Trans Sarbagita dimana artinya dari sarbagita adalah singkatan dari berbagai daerah di bali yaitu Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan. Sejak beroperasi, bagaimanakah kinerja Bus Trans Sarbagita dalam mengatasi kemacetan dan bagaimanakah tingkat kepuasan pengguna Bus Trans Sarbagita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Trans Sarbagita dan tingkat kepuasan penggunanya terhadap pelayanan Trans Sarbagita yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi. Metode penelitian ini  yang dilakukan yaitu observasi untuk menentukan settingan fisik, pengumpulan pada data sekunder dan data primer. Data-data tersebut, dianalisis dengan metode Ms. Excel umtuk pengolahan data dan aplikasi SPSS untuk pengujian deskriftif untuk mendapatkan parameter kinerja bus Trans Sarbagita dan tingkat kepuasan konsumen. Dari data penelitian terdapat 6 faktor yang menunjukkan kepuasan pelanggan setelah itu menggunakan  analisis deskriftif untuk mengetahui  bagaimana kinerja dan tingkat kepuasan bus Trans Sarbagita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan terhadap bus Trans Sarbagita maka dapat disimpulkan bahwa sebanyak 53% menyatakan bahwa  sangat puas dengan kenyamanan bus, 50% puas dengan kebersihan bus Trans Sarbagita, 60% puas terhadap keamanan bus, 64% puas dengan pelayanan bus, 28% puas terhadap waktu tunggu bus, dan 63% sangat puas dengan tarif yang berlaku

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
PARAMARTHA, Kadek Wahyu; ARYAWAN, I GM. Oka; HERMAWATI, Putu. ANALISIS KINERJA DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP JASA TRANSPORTASI BUS TRANS SARBAGITA (Studi Kasus : Koridor I, Kota - GWK). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 277-282, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1701>. Date accessed: 10 apr. 2020.