PENGARUH SMK3 TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN KERJA DAN KESEHATAN PEKERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS : SAHID KUTA LIFESTYLE RESORT 2)

  • Wahyu Andika Suwardana Politeknik Negeri Bali
  • Lilik Sudiajeng Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Sutapa Politeknik Negeri Bali

Abstract

Industri jasa konstruksi merupakan salah satu sektor yang memiliki risiko tinggi terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja. Kecelakaan kerja yang terjadi pada suatu proyek dapat menyebabkan aktivitas pekerjaan dalam proyek tersebut menjadi terhambat. Salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja adalah bagaimana penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada proyek tersebut, sebagaimana diamanahkan oleh PP No. 50 Tahun 2012 SMK3 merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan untuk seluruh praktisi industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh penerapan SMK3 terhadap frequency (kekerapan), SMK3 terhadap severity (keparahan), SMK3 terhadap keluhan, dan  SMK3 terhadap kelelahan pada proyek Sahid Kuta Lifestyle Resort 2. Untuk analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMK3 memiliki pengaruh secara signifikan terhadap frequency sebesar 15.9%, terhadap severity sebesar 11.9%, terhadap keluhan sebesar 39%, dan terhadap kelelahan sebesar 29.1%. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 21, 2020
How to Cite
SUWARDANA, Wahyu Andika; SUDIAJENG, Lilik; SUTAPA, I Ketut. PENGARUH SMK3 TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN KERJA DAN KESEHATAN PEKERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS : SAHID KUTA LIFESTYLE RESORT 2). Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 295-300, jan. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1704>. Date accessed: 27 feb. 2020.