ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PADA PEMGEMBANGAN PONDOK WISATA ADIWANA DARAAYU, PAYANGAN, GIANYAR

  • I Made Muna Windradinata Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Sudiasa Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Suardika Politeknik Negeri Bali

Abstract

Kelayakan investasi sangatlah penting dilakukan bertujuan untuk mengetahui layak atau tidaknya invetasi yang dikembangkan dari segi finansial. Pada penelitian ini, investasi berupa bangunan pondok wisata yang berlokasi di Payangan, Gianyar. Sebelum melakukan investasi pada pengembangan Pondok Wisata Adiwana Daraayu maka perlu dilakukan kelayakan investasi


Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Data yang diperlukan berupa biaya yang dikeluarkan dan manfaat yang diperoleh. Dari data tersebut dapat di analisis kelayakan investasinya ditinjau dari aspek finansial seperti Net Present Value, Internal Rate of Return, Benefit Cost Ratio, Discounted Payback Period, Break Event Point dan Analisis Sensitivitas.


Hasil penelitian ini mendapatkan perhitungan NPV sebesar Rp 2.742.322.869,47, BCR mendapatkan hasil 1,14, IRR mendapatkan hasil 19,5759%. Dari perhitungan DPP, BEP terjadi pada 7,7 tahun. Hasil analisis sensitivitas kenaikan biaya tahunan < 22,6513% , penurunan tarif sewa < 3,8581%, penurunan tingkat hunian > 68,2222%.


Dari hasil penelitian ini dapat dinyatakan layak karena sudah memenuhi indikator - indikator kelayakan investasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 29, 2020
How to Cite
WINDRADINATA, I Made Muna; SUDIASA, I Wayan; SUARDIKA, I Nyoman. ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PADA PEMGEMBANGAN PONDOK WISATA ADIWANA DARAAYU, PAYANGAN, GIANYAR. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 508-513, nov. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2206>. Date accessed: 17 apr. 2021.