PENGARUH KERJA LEMBUR TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN BIAYA PELAKSANAAN PROYEK GEDUNG KANTOR ADMINISTRASI DI BANDARA I GUSTI NGURAH RAI

  • Ni Putu Krisna Putri Politeknik Negeri Bali
  • I Gusti Lanang Made Parwita Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Darya Suparta Politeknik Negeri Bali

Abstract

Sebuah proyek konstruksi harus melakukan penjadwalan dengan sebaik mungkin untuk menghindari terjadinya keterlambatan pekerjaan yang nantinya akan berpengaruh pada biaya pelaksanaan proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan besaran pengaruh jam normal dan jam  lembur terhadap produktivitas tenaga kerja, biaya upah, dan waktu pelaksanaan proyek pada pembangunan Gedung Kantor Administrasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai.


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dimana pengambilan data dilakukan dengan pengamatan lapangan dan wawancara dengan pelaksana lapangan. Nilai Produktivitas tenaga kerja didapatkan melalui pengamatan langsung di lapangan terhadap pekerjaan struktur beton bertulang khususnya pile cap, sloof, kolom, balok dan plat lantai mulai dari proses bekisting, pembesian, dan pengecoran. Hasil pengamatan kemudian dianalisis sehingga mendapatkan nilai produktivitas tenaga  kerja pada jam kerja normal dan lembur. Kemudian dilakukan perbandingan upah tenaga kerja dan waktu pelaksanaan dengan adanya penambahan waktu lembur dan tanpa adanya penambahan waktu lembur.


Dari analisis didapatkan nilai presentase penurunan produktivitas rata – rata pada pekerjaan bekisting, pembesian, dan pengecoran secara berturut – turut sebesar 24,90%, 39,20%, 16,60%. Biaya upah tenaga kerja didapatkan selisih sebesar Rp. 339.458.660. Waktu pelaksanaan pekerjaan dengan adanya penambahan waktu lembur dan tanpa adanya penambahan waktu lembur didapatkan selisih selama 29 hari kalender.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 29, 2020
How to Cite
KRISNA PUTRI, Ni Putu; PARWITA, I Gusti Lanang Made; SUPARTA, I Wayan Darya. PENGARUH KERJA LEMBUR TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DAN BIAYA PELAKSANAAN PROYEK GEDUNG KANTOR ADMINISTRASI DI BANDARA I GUSTI NGURAH RAI. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 479-488, nov. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2214>. Date accessed: 23 jan. 2021.