ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS TOWER CRANE PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 2 ABIANSEMAL DAN GEDUNG FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • Ni Luh Putu Arina Saraswati Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Intara Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Suasira Politeknik Negeri Bali

Abstract

Tower crane adalah salah satu alat berat dalam proses pembangunan gedung bertingkat tinggi atau skala besar dengan area kerja yang cukup sulit untuk dijangkau. Tower crane diharapkan dapat mengatasi kesulitan tersebut sehingga pelaksanaan pekerjaan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Tujuan penggunaan tower crane dapat tercapai apabila mempunyai produktivitas yang memadai. Produktivitas tower crane yang digunakan pada pelaksanaan pembangunan fisik dapat dipengaruhi oleh panjang lengan, posisi dan tata letak tower crane terhadap sumber material serta area kerja. Penelitian dilakukan terhadap produktivitas tower crane pada proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 2 Abiansemal dan Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan panjang lengan berturut-turut 50 m dan 60 m. Pengamatan dilakukan sebanyak 3 kali terhadap waktu dan jumlah siklus transportasi beton dari truck mixer dengan kapasitas 6 m3. Hasil analisis data menunjukkan produktivitas tower crane pada proyek Pembangunan Gedung SMA Negeri 2 Abiansemal dan Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana berturut-turut sebesar 3,27% dan 3,99%. Selain itu, terdapat peningkatan produktivitas sebesar 22% terhadap tower crane dengan panjang lengan 60 m.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 29, 2020
How to Cite
SARASWATI, Ni Luh Putu Arina; INTARA, I Wayan; SUASIRA, I Wayan. ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS TOWER CRANE PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SMA NEGERI 2 ABIANSEMAL DAN GEDUNG FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 459-468, nov. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2218>. Date accessed: 17 apr. 2021.