PERBANDINGAN BIAYA DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA KONSTRUKSI PADA JAM KERJA REGULER DAN JAM KERJA LEMBUR PADA PEMBANGUNAN UNIT LAYANAN KANKER TERPADU RSUD BALI MANDARA

  • I Wayan Ari Wirama Politeknik Negeri Bali
  • I Made Budiadi Politeknik Negeri Bali
  • Anak Agung Putri Indrayanti Politeknik Negeri Bali

Abstract

Berdasarkan hasil laporan kemajuan pekerjaan, hingga minggu ke-12 proyek pembangunan Unit Layanan Kanker Terpadu RSUD Bali Mandara mengalami keterlambatan waktu pelaksanaan sebesar -3,77%, sehingga pihak kontraktor melakukan percepatan dengan cara menambah jam kerja dengan jam kerja lembur. Namun penerapan jam kerja lembur akan memberikan dampak bagi tingkat produktivitas tenaga kerja, biaya dan efektivitas pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai produktivitas antara jam kerja reguler dengan jam kerja lembur, serta mencari nilai efektivitas dari selisih biaya pelaksanaan yang terjadi akibat penambahan jam kerja lembur untuk mengukur kinerja dari percepatan yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif komparatif. Data yang digunakan adalah data hasil survey langsung di lapangan dan subyek penelitian adalah kelompok tenaga kerja pada pekerjaan struktur pada proyek Pembangunan Unit Layanan Kanker Terpadu RSUD Bali Mandara.


Berdasarkan hasil penelitian, tingkat produktivitas tenaga kerja pada jam reguler pekerjaan pembesian balok sebesar 579,74 kg/orang/hari dan 515,33 kg/orang/hari untuk pekerjaan pembesian plat lantai. Tingkat produktivitas tenaga kerja pada jam lembur pekerjaan pembesian balok sebesar 520,61 kg/orang/hari dan 463,46 kg/orang/hari untuk pekerjaan pembesian plat lantai. Selisih biaya yang terjadi akibat penambahan jam lembur sebesar Rp.9.288.983,00. Besarnya efektivitas kerja adalah 0,950 untuk pekerjaan pembesian balok dan 0,971 untuk pekerjaan pembesian plat lantai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 29, 2020
How to Cite
WIRAMA, I Wayan Ari; BUDIADI, I Made; INDRAYANTI, Anak Agung Putri. PERBANDINGAN BIAYA DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA KONSTRUKSI PADA JAM KERJA REGULER DAN JAM KERJA LEMBUR PADA PEMBANGUNAN UNIT LAYANAN KANKER TERPADU RSUD BALI MANDARA. Proceedings, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 419-427, nov. 2020. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/2226>. Date accessed: 17 apr. 2021.