PENGARUH PROMOSI TERHADAP TRANSAKSI PENJUALAN TIKET SELAMA GARUDA INDONESIA TRAVEL FAIR 2015
Abstract
Garuda Indonesia Travel Fair 2015 merupakan ajang promosi bersama antara Garuda Indonesia dengan beberapa travel agent dan Bank Central Asia (BCA). GATF 2015 yang mengambil tema “Fly with Style” ini diadakan untuk memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi daerah tujuan wisata terbaik di domestik dan internasional serta memfasilitasi para traveller mendapatkan harga tiket dan paket wisata yang menarik dengan harga terjangkau. Selain itu travel fair ini dimaksudkan juga untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan pariwisata nasional. Penelitian ini didukung oleh teori pemasaran dan bauran pemasaran bidang jasa, travel agent dan bank sebagai mitra Garuda Indonesia. Dengan hipotesis ’Ada pengaruh promosi terhadap transaksi penjualan tiket selama GATF 2015”. Data kuantitatif bersumber dari data primer yang diperoleh dari Garuda Indonesia. Dengan menggunakan analisis korelasi, analisis determinasi, analisis regresi dan analisis t-test dan dengan menggunakan SPSS 17.0 for Windows, hasil korelasi 0,762 berarti bahwa ada hubungan yang kuat antara promosi dengan transaksi penjualan tiket selama GATF 2015. Promosi memberikan kontribusi terhadap peningkatan transaksi penjualan tiket sebesar 59,4 %, sedangkan sisanya 40,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil t-test menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara promosi dengan transaksi penjualan tiket selama GATF 2015