STRATEGI PENGEMBANGAN DESA BONGKASA PERTIWI KABUPATEN BADUNG SEBAGAI DESA WISATA

  • Ida Bagus Dwi Setiawan Universitas Udayana
  • I Putu Budiarta Politeknik Negeri Bali

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menentukan beberapa strategi dan program pengembangan Desa Bongkasa Pertiwi menjadi sebuah desa wisata. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling techniques, yaitu dengan memilih orang yang memahami pariwisata Desa Bongkasa Pertiwi seperti kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Kepala Desa Bongkasa Pertiwi, pihak perusahaan seperti travel agent dan home stay serta beberapa wisatawan. Data yang diperoleh di lapangan dianalisis dengan matriks SWOT. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Desa Bongkasa Pertiwi memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata. Untuk merealisasikannya perlu strategi dan program-program pengembangan. Strategi tersebut meliputi strategi S-O (strengths and opportunities strategies), strategi S-T (strength and threaths strtegies), strategi W-O (weaknesses and opportunities strategies), dan strategi W-T (weaknesses and threats strategies).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 17, 2017
How to Cite
SETIAWAN, Ida Bagus Dwi; BUDIARTA, I Putu. STRATEGI PENGEMBANGAN DESA BONGKASA PERTIWI KABUPATEN BADUNG SEBAGAI DESA WISATA. Soshum : Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 12-22, sep. 2017. ISSN 2580-5622. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/561>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Articles