PENGARUH OTOMASI WEB LIBRARY TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN BULELENG

  • Kadek Duwika Poltek Ganesha Guru

Abstract

Seiring dengan meningkatnya demokratisasi dan tuntutan masyarakat terhadap layanan publik yang lebih baik, maka perpustakaan sebagai unit pelayanan publik dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan kualitas layanan. Salah satu layanan publik yang ada di Kabupaten Buleleng ini. Di era globalisasi saat ini Perpustakaan telah bergerak menuju teknologi dalam mengembangkan atau melayani masyarakat untuk menghilangkan kesan negatif terhadap perpustakaan. Perpustakaan di Kabupaten Buleleng sedang mengembangkan perpustakaan sistem automasi berbasis web libray untuk mengubah paradigma lama menjadi paradigma modern seperti sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan perpustakaan buleleng dalam mengembangkan sistem automasi berbasis web libray. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari dimensi fasilitas fisik berwujud kepedulian, empati, kewaspadaan, responsif, reliabilitas, dan kepastian, hasilnya menunjukkan adanya beberapa masalah dan kekurangan yang dihadapi oleh perpustakaan buleleng dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kurangnya sumber daya manusia yang bisa menghambat layanan perpustakaan kepada masyarakat, kurangnya sarana bangunan fisik seperti bangunan perpustakaan yang memadai. Di dalam sistem automasi perpustakaan masih kurang diimplementasikan di sekolah-sekolah di kabupaten buleleng. Dapat disimpulkan bahwa masyarakat Sebagai jawaban atas pelayanan automasi perpustakaan di buleleng di kedua kategori tersebut. Saran untuk prioritas utama yang harus dilakukan adalah sirkulasi layanan berbasis web libray lebih dioptimalkan dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 17, 2017
How to Cite
DUWIKA, Kadek. PENGARUH OTOMASI WEB LIBRARY TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN BULELENG. Soshum : Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 23-35, sep. 2017. ISSN 2580-5622. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/562>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Articles