PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK BERBASIS METODE QUANTUM PADA PENDIDIKAN S-1 TERAPAN POLITEKNIK NEGERI BALI

  • Ida Bagus Artha Adnyana Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Dwi Cahaya Putra Politeknik Negeri Bali
  • Sagung Mas Suryaniadi Politeknik Negeri Bali

Abstract

Salah satu aspek keterampilan yang diajarkan dalam kemahiran berbahasa Indonesia adalah keterampilan menulis. Pembelajaran menulis sering kurang digemari oleh maha-siswa karena metode pengajarannya dianggap kurang menarik. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah respons pebelajar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar menulis setelah metode quantum diujicobakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode quantum dalam pembelajaran menulis akademik pada pendidikan vokasi S1-Terapan Politeknik Negeri Bali. Kajian ini dilakukan karena kemampuan mahasiswa untuk menulis masih kurang, padahal menulis merupakan bagian dari kemahiran berbahasa Indonesia. Objek kajian penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis yang dilandasi dengan metode quantum writing di pendidikan vokasi S1-terapan Politeknik Negeri Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap 105 mahasiswa semester dua. Data selanjutnya dianalisis dengan Mann-Whitney U-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,81 % responden mengatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan ini sangat layak untuk mendukung proses pembelajaran menulis akademik. Hasil uji lapangan juga secara signifikan menunjukkan adanya peningkatan prestasi pebelajar. Mann-Whitney U=2.027,5, n1 = 53, n2 = 52, p < 0,05, r = 0,41.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 17, 2017
How to Cite
ARTHA ADNYANA, Ida Bagus; PUTRA, Kadek Dwi Cahaya; SURYANIADI, Sagung Mas. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK BERBASIS METODE QUANTUM PADA PENDIDIKAN S-1 TERAPAN POLITEKNIK NEGERI BALI. Soshum : Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 61-78, sep. 2017. ISSN 2580-5622. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/564>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Articles