PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ISU SOSIAL-KEAGAMAAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI STRATEGI MENGAJAR AGAMA HINDU DI PERGURUAN TINGGI

  • Ketut Nurhayanti Politeknik Negeri Bali

Abstract

Selama ini guru /dosen lebih sering menggunakan model pembelajaran yang konvensional dengan metode ceramah pada mata kuliah yang bersifat teoritik seperti agama. Berkembangnya paradigma mengenai proses pembelajaran yang tidak lagi bepusat pada pengajar, maka perlu adanya inovasi dalam proses pembejaran agama Hindu di perguruan tinggi. Permasalahan yang dibahas dalam makalah ini adalah pengembangan strategi mengajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan melakukan identifikasi materi ajar pada mata kuliah agama Hindu dalam menerapkan metode pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pengajaran agama Hindu di perguruan tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kepustakaan dengan hasil analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan makalah ini adalah penggunaan isu masalah perspektif ganda merupakan hal terpenting sebagai materi ajar pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Isu keagamaan terkait dengan toleransi antar umat beragama, pergeseran pemaknaan mengenai tradisi pada masyarakat Bali merupakan materi yang bisa digunakan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah agama Hindu. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran agama Hindu di perguruan tinggi upaya menyiapkan para kaum intelektual untuk menghadapi permasalahan pada masyarakat dan menemukan solusinya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 17, 2017
How to Cite
NURHAYANTI, Ketut. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ISU SOSIAL-KEAGAMAAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI STRATEGI MENGAJAR AGAMA HINDU DI PERGURUAN TINGGI. Soshum : Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 79-89, sep. 2017. ISSN 2580-5622. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/565>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Articles