KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN PARIWISATA TERHADAP KINERJA PERMATA TOURS

  • Nyoman Mastiani Nadra Politeknik Negeri Bali
  • Ni Luh Eka Armoni
  • AAA Ngurah Harmini
  • I Gusti Made Wendri

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dianggap penting oleh pelanggan serta faktor-faktor yang perlu mendapatkan prioritas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dikuantitatifkan menggunakan skor. Data yang diolah berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner keresponden. Dengan menggunakan Performance Important Analysis didapat hasil bahwa tidak ada atribut/variable pada kuadran A yang menyebabkan mahasiswa tidak puas/kecewa. Pada kuadran B menunjukkan faktor faktor atau atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, kuadran ini perlu dipertahankan karena pada umumnya tingkat pelaksanaannya telah sesuai dengan kepentingan dan harapan mahasiswa. Kuadran C menunjukkan beberapa variable yang kurang penting pengaruhnya bagi pelanggan, dalam pelaksanaanya oleh perusahaan biasa biasa saja, dianggap kurang penting dan kinerjanya kurang memuaskan. Kuadran D menunjukkan variabel yang mempengaruhi pelanggan kurang penting tetapi pelaksanaannya berlebihan, dianggap kurang penting tapi kinerjanya memuaskan. Rekomendasi berupa self evaluation bagi Permata Tours dan Peace Tours dan dapat dipakai acuan dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dalam memberikan pelayanan yang lebih berkualitas.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 28, 2017
How to Cite
NADRA, Nyoman Mastiani et al. KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN PARIWISATA TERHADAP KINERJA PERMATA TOURS. Soshum : Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 298-306, dec. 2017. ISSN 2580-5622. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/705>. Date accessed: 16 oct. 2018. doi: http://dx.doi.org/10.31940/soshum.v7i3.705.