PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI LISAN MAHASISWA KELAS VII A D4 MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI JURUSAN TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI BALI

  • I Gusti Ayu Putu Dewi Paramita Politeknik Negeri Bali
  • Evin Yudhi Setyono Politeknik Negeri Bali

Abstract




Dalam mempelajari bahasa Inggris, mahasiwa membutuhkan sebuah metode yang efektif yang bisa membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran. Pengajar memberikan sebuah metode yang efektif yang bisa mempermudah mereka dalam belajar. Penulis tertarik dengan sebuah metode yaitu metode mind mapping, yaitu sebuah metode pemetaan pikiran yang bisa diterapkan pada mahasiswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian metode mind mapping ini berpengaruh terhadap nilai presentasi mahasiswa. Adapun yang dijadikan objek penelitian adalah mahasiswa semester VII kelas A D4 Manajemen Proyek Konstruksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan statistik. Dari olah data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemberian mind mapping dalam pembelajaran membawa pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan presentasi bahasa Inggris mahasiswa. Ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan presentasi bahasa Inggris sesudah pemberian mind mapping yakni masing-masing sebesar 79,65 dengan standar deviasi 5,86 dan sebesar 77.00 dengan standar deviasi sebesar 4,79




Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 28, 2017
How to Cite
PARAMITA, I Gusti Ayu Putu Dewi; SETYONO, Evin Yudhi. PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PRESENTASI LISAN MAHASISWA KELAS VII A D4 MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI JURUSAN TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI BALI. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 356-363, dec. 2017. ISSN 2088-2262. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/715>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.31940/soshum.v7i3.715.
Section
Articles