POLA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA DAERAH TUJUAN WISATA BAHARI DI KABUPATEN KARANGASEM

  • I Wayan Mudana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract




Kajian ini bertujuan untuk: mendeskrepsikan tanggapan masyarakat terhadap model pemberdayaan masyarakat, bentuk deversifikasi usaha yang dikembangkan, bentuk kelembagaan yang dikembangkan, dan berbagai hambatan–hambatan yang dihadapi dalam mewujudkan pengembangan pariwisata bahari yang berkelanjutan di Kabupaten Karangasem. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sehubungan dengan hal itu maka teknik penentuan informan menggunakan porposive snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan triangulasi secara berkelanjutan.


Berdasarkan atas hal itu dapat dikemukakan bahwa masyarakat memberikan tanggapan positif terhadap model pola pemberdayaan yang dikembangkan, masyarakat mengembangkan berbagai bentuk diversifikasi usaha sebagai bentuk keikutsertaan masyarakat dalam memanfaatkan peluang yang ada, kelembagaan yang dikembangkan dalam bentuk kelembagaan mengembangkan kelembagaan kelompok sadar wisata, Diving Center (Pelatihan/tutorial, penyewaan, pendampingan/ pemandu wisata), kelompok nelayan pengangkut wisatawan, pelestarian terumbu karang, pecalang segara, dan Pokmaswas serta Badan Usaha Milik Desa. Pengembangan berbagai kelembagaan tersebut dilakukan melalui proses dialog antar kelompok masyarakat dan pecalang segara. Memang harus diakui ada beberapa hambatan dalam pengembangan pariwisata bahari yang berkelanjutan, diantaranya regulasi, dukungan infrastruktur, wawasan masyarakat tentang pengembangan wisata bahari yang berkelanjutan, terbatasnya modal usaha yang dimiliki, dan keterbatasan atraksi wisata yang ada di kawasan pesisir Kabupaten Karangasem




Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 28, 2017
How to Cite
MUDANA, I Wayan. POLA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA DAERAH TUJUAN WISATA BAHARI DI KABUPATEN KARANGASEM. Soshum : Jurnal Sosial dan Humaniora, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 307-323, dec. 2017. ISSN 2580-5622. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/716>. Date accessed: 22 feb. 2018.