TY - JOUR AU - Adisusilo, Anang Kukuh PY - 2020 TI - Perancangan Media Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Berbasis Serious Game JF - Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika; Vol 10 No 3 (2020): MATRIX - Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika DO - 10.31940/matrix.v10i3.2141 KW - N2 - Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema sebagai pokok pikiran atau gagasan pokok pembicaraan dengan mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Transfer pembelajaran berbasis tematik ke siswa Sekolah Dasar tidak mengalami kesulitan bagi guru jika dilakukan secara langsung di sekolah. Akan tetapi, pandemi covid-19 pada saat ini menyebabkan digunakannya media pembelajaran online sehingga guru-guru mengalami kesulitan. Kesulitan penyampaian materi tersebut juga dirasakan orang tua yang juga berusaha memberikan pembelajaran berbasis tematik di rumah berdasarkan buku yang diperoleh dari sekolah. Penelitian ini merancang framework pembelajaran berbasis serious game berdasarkan buku tematik Sekolah Dasar dengan tujuan dapat mempermudah guru dalam melakukan pembelajaran jarak jauh serta mempermudah orang tua dalam menyampaikan materi yang terdapat di dalam buku tematik tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen utama dalam perancangan serious game untuk memenuhi komponen pedagogi dan fun adalah game component, graph design, database design dan fitur design, di mana konsep immersifitas merupakan hal pokok sebagai upaya yang dapat membuat pemain masuk ke dalam suasana permainan dan mendapatkan pengalaman lebih dari permainan tersebut. UR - https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view?path=