Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas

  • Icca Astrina Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Zainal Arifin Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang
  • Utomo Pujianto Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang

Abstract

Di kota Kediri terdapat toko kain tenun Medali Mas yang sangat populer. Medali Mas mempunyai aktivitas transaksi penjualan tinggi sehingga menghasilkan tumpukan data besar. Tumpukan data ini diteliti menjadi sebuah informasi pola pembelian konsumen menggunakan teknik data mining association rule dan algoritma FP-Growth. Algoritma FP-Growth  menggunakan konsep tree development dalam pencarian jenis barang yang sering dibeli (frequent itemsets). Data yang digunakan yaitu 26 jenis barang kain tenun dan 200 data transaksi dengan ketentuan 2 atau 3 jenis barang dalam 1 transaksi. Pada penelitian ini ditentukan nilai minimum support sebesar 20 persen dan nilai minimum confidence sebesar 10 persen. Pengujian Chi-Square juga digunakan untuk mengetahui seberapa besar korelasi hubungan antar variabel dari hasil frequent itemsets. Hasil akhir pola pembelian konsumen yaitu (m ke no) apabila membeli kain semi sutra Lusi=abu, Pakan=biru Bunga, maka kemungkinan konsumen akan membeli produk Sarung Lusi=hitam, Pakan=hijau Lurik, Katun Lusi=kuning, Pakan=tosca Bambu dengan hasil korelasi antar variabel sebesar 19,1397274913.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2019
How to Cite
ASTRINA, Icca; ARIFIN, Muhammad Zainal; PUJIANTO, Utomo. Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 32-40, mar. 2019. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/1036>. Date accessed: 07 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.31940/matrix.v9i1.1036.