ANALISIS LINGKUNGAN SI/TI PADA PERENCANAAN STRATEGIS E-LEARNING POLITEKNIK NEGERI BALI
Abstract
Konsep e-Learning memengaruhi proses transformasi pendidikan konvensional ke bentuk digital, baik secara isi maupun sistemnya. E-learning tidak hanya mengenai pelatihan dan instruksi, namun juga mengenai pembelajaran yang disesuaikan dengan tiap-tiap individu siswa. Politeknik Negeri Bali adalah salah satu lembaga pendidikan negeri yang terdiri dari 6 jurusan dan 13 program studi. Politeknik Negeri Bali pernah memiliki e-learning, namun saat ini e-learning yang dimiliki belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga domain elearning.pnb.ac.id menjadi tidak aktif. Penelitian ini menganalisis lingkungan SI/TI internal dan eksternal Politeknik Negeri Bali yang hasilnya akan dijadikan dasar dalam penentuan rencana strategi e-learning yang tetap selaras dengan strategi bisnis Politeknik Negeri Bali. Analisis lingkungan SI/TI internal digambarkan dengan use case diagram dan analisis lingkungan SI/TI eksternal menggunakan value chain analysis. Hasil akhir penelitian berupa dokumen hasil analisis lingkungan SI/TI yang akan digunakan dalam penyusunan rencana strategis e-learning di Politeknik Negeri Bali.