KAJIAN LITERATUR: MANAKAH YANG LEBIH EFEKTIF? TRADITIONAL WORD OF MOUTH ATAU ELECTRONIC WORD OF MOUTH

  • Putu Adriani Prayustika Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bali

Abstract

Word of Mouth telah diakui sebagai salah satu strategi komunikasi yang paling efektif dalam transisi informasi perusahaan kepada konsumen. Perusahaan memanfaatkan komunikasi word of mouth untuk kepentingan pemasaran produk dan layanan. Namun, komunikasi WOM konvensional hanya efektif dalam batasan kontak sosial terbatas. Kemajuan teknologi informasi dan munculnya situs jaringan sosial online telah mengubah cara informasi ditransmisikan dan telah melampaui keterbatasan tradisional WOM. Komunikasi word of mouth dengan memanfaatkan teknologi ini sering disebut electronic word of mouth (eWOM), dimana komunikasi ini memanfaatkan media baru, seperti misalnya media sosial. Makalah ini akan membahas kajian literatur dari beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dalam membandingkan efektivitas traditional word of mouth dan electronic word of mouth. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dapat dikatakan dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, eWOM jauh lebih efektif daripada traditional WOM.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 22, 2017
How to Cite
PRAYUSTIKA, Putu Adriani. KAJIAN LITERATUR: MANAKAH YANG LEBIH EFEKTIF? TRADITIONAL WORD OF MOUTH ATAU ELECTRONIC WORD OF MOUTH. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 168, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/150>. Date accessed: 19 apr. 2024.