Business Intelligence Dashboard (BID) Pada Usaha Mikro Bidang Retail Studi Kasus CV Duta Square Bandar Lampung

  • Astria Hijriani Universitas Lampung
  • Elin Aprilliana Universitas Lampung
  • Rd Irwan Adi Pribadi Universitas Lampung
  • Dwi Sakethi Universitas Lampung

Abstract

Sebuah perusahaan membutuhkan strategi yang dapat membantu dalam mengambil sebuah keputusan. Strategi yang digunakan dalam pengambilan keputusan akan mempermudah dalam proses analisis, implementasi, dan pengembangan bisnis agar bisnis menjadi lebih efektif. Konsep pemanfaatan teknologi sebagai sarana pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan dan menganalisa data untuk diubah menjadi suatu pengetahuan dan pemahaman biasa disebut dengan dashboard intelijen bisnis. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode ADDIE, dimana tahapan dari metode ADDIE diantaranya analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini mengembangkan dashboard intelijen bisnis pada usaha mikro bidang ritel CV. Duta Square yang berlokasi di Bandar Lampung. Tahapan yang dilakukan dimulai dengan analisis proses bisnis di CV. Duta Square, mendefinisikan permasalahan dan solusinya, desain dashboard, pengembangan sistem, implementasi dan evaluasi. Hasil dari penelitian adalah sistem yang telah diuji oleh pemilik usaha yang dapat  menampilkan informasi bentuk dashboard diantaranya bar chart tingkat kualitas supplier, line chart data penjualan, barang yang diminati maupun kurang diminati  pelanggan, serta transaksi pelanggan, baik member maupun non-member.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2020
How to Cite
HIJRIANI, Astria et al. Business Intelligence Dashboard (BID) Pada Usaha Mikro Bidang Retail Studi Kasus CV Duta Square Bandar Lampung. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 11-18, mar. 2020. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/1616>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.31940/matrix.v10i1.1616.