Penerapan Metode Logika Fuzzy dalam Evaluasi Kinerja Dosen

  • Maria Adelvin Londa Universitas Flores
  • Melky Radja Universitas Flores
  • Kristina Sara Universitas Flores

Abstract

Indonesia terus melakukan perbaikan dan usaha peningkatan kualitas pendidikan, salah satunya pada layanan pendidikan perguruan tinggi. Seorang dosen memiliki peranan penting dalam kemajuan dan perkembangan perguruan tinggi dan selanjutnya berpengaruh pada kualitas pendidikan di Indonesia. Penilaian terhadap dosen oleh mahasiswa dan asesor atau atasan adalah sebagai upaya untuk meningkatkan performa dosen. Dalam melakukan penilaian dosen di Indonesia, terdapat beberapa acuan yang telah diterbitkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Penelitian ini berfokus dalam mempelajari fitur fungsi keanggotaan dalam proses inferensi fuzzy tipe Mamdani, untuk mempercepat serta meningkatkan akurasi penilaian seorang dosen dengan menggunakan tata cara scientific serta menghindari kesalahan penilaian yang dilakukan secara manual. Dalam penelitian ini, percobaan sistematis diimplementasikan berdasarkan Fuzzy Logic Toolbox dari MATLAB. Ditemukan sebuah hal positif dalam pemakaian metode ini di mana konteks penilaian dosen hanya diperlukan input variabel yang tidak banyak, tetapi tingkat akurasi penilaian tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 31, 2020
How to Cite
LONDA, Maria Adelvin; RADJA, Melky; SARA, Kristina. Penerapan Metode Logika Fuzzy dalam Evaluasi Kinerja Dosen. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 78-86, july 2020. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/1841>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.31940/matrix.v10i2.1841.