Penentuan Kontur Tanah dengan Menggunakan Teknologi Global Positioning System dan Citra Satelit Aster di Desa Manggis, Karangasem, Bali

  • Gede Yasada Politeknik Negeri Bali

Abstract

Peta kontur tanah untuk skala luasan yang besar sulit untuk diperoleh karena peta-peta kontur pada suatu kawasan tertentu belum dibuat atau tidak dimiliki. Sedangkan, perencanaan tetap harus berjalan tanpa menunggu semua keperluan tersebut tersedia mengingat terdapat beberapa kendala seperti kendala waktu, biaya,cuaca dan peralatan pengukuran tanah terrestris. Pada perencanaan kawasan di Desa Manggis Kabupaten Karangasem, Bali, peta kontur tanah dari perpaduan data Global Positioning System (GPS) dan data citra satelit Aster dapat digunakan untuk membuat perencanaan drainase, jalan dan akomodasi pariwisata yang berbasis lingkungan. Proses digitasi citra satelit dilakukan menggunakan perangkat lunak Arc View GIS 3.3, yakni suatu program sistem informasi geografis yang merupakan suatu sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial. Program tersebut dapat merubah data citra satelit menjadi peta kontur tanah. Obyek-obyek tertentu seperti jalan, rumah, sawah, kebun dan lain-lain yang sebelumnya dalam format raster pada sebuah citra satelit diubah menjadi format digital yang meliputi datum horizontal yang digunakan, kesesuaian nama unsur sesuai dengan obyek/ unsur yang diploting, dan penarikan garis sesuai dengan kenampakan citra. Peta kontur tanah dalam file program autocad yang dihasilkan akan memudahkan perencana untuk membuat master plan tata ruang kawasan wisata alam di Desa Manggis-Karangasem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 31, 2020
How to Cite
YASADA, Gede. Penentuan Kontur Tanah dengan Menggunakan Teknologi Global Positioning System dan Citra Satelit Aster di Desa Manggis, Karangasem, Bali. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 58-64, july 2020. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/1890>. Date accessed: 25 nov. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.31940/matrix.v10i2.1890.