ANALISIS PENGARUH REKONFIGURASI JARINGAN TERHADAP PEMBEBANAN TRANSFORMATOR PADA GARDU DISTRIBUSI KA 1316 PENYULANG SRIWIJAYA

  • A.A. Ngr. Md. Narottama Politeknik Negeri Bali
  • I Gusti Agung Made Sunaya Politeknik Negeri Bali
  • I Made Purbhawa Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Rani Dwi Noviyanti Politeknik Negeri Bal

Abstract

Transformator distribusi merupakan salah satu bagian penting dari sistem distribusi tenaga listrik. Oleh karena itu, untuk menjaga kehandalan dalam penyaluran energi listrik perlu memerhatikan pembebanan pada tranformator untuk menghindari kerusakan pada transformator tersebut dan tetap menjaga kualitas tegangan pada pelanggan. Pembebanan transformator sesuai dengan ketentuan, yaitu 80% dari kapasitas atau arus nominal (In) transformator. Dari hasil pengukuran, persentase pembebanan tertinggi pada gardu distribusi KA 1316 Penyulang Sriwijaya diperoleh hasil sebesar 96,27% dari kapasitas transformator 160 kVA dan dapat dikatakan transformator mengalami kelebihan beban (overload) sebesar 20,34% dari 80% arus nominal (In) transformator. Salah satu solusi untuk mengatasi pembebanan transformator yang overload yaitu dengan melakukan rekonfigurasi jaringan yaitu memindahan sebagian beban ke gardu distribusi lain, dalam hal ini gardu distribusi KA 1763 dengan kapasitas 160 kVA. Setelah dilakukan rekonfigurasi jaringan, pembebanan tranformator KA 1316 diperoleh sebesar 59,75% dan pembebanan transformator KA 1763 diperoleh sebesar 57,66%. Dengan dilakukannya rekonfigurasi jaringan ini juga dapat menurunkan drop tegangan dan menekan rugi-rugi daya pada saluran jaringan tegangan rendah sehingga kontinyuitas dalam penyaluran energi listrik tetap terjaga.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 23, 2017
How to Cite
NAROTTAMA, A.A. Ngr. Md. et al. ANALISIS PENGARUH REKONFIGURASI JARINGAN TERHADAP PEMBEBANAN TRANSFORMATOR PADA GARDU DISTRIBUSI KA 1316 PENYULANG SRIWIJAYA. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 125, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/205>. Date accessed: 27 apr. 2024.