SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MASKAPAI TERBAIK PADA RUTE DOMESTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP)

  • Hari Toha Hidayat Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Ni G.A.P. Harry Saptarini Politeknik Negeri Bali

Abstract

Banyaknya maskapai penerbangan yang beroperasi ternyata memunculkan masalah tersendiri bagi
calon konsumen penerbangan yaitu pemilihan maskapai yang terbaik untuk digunakan. Pada sistem pendukung keputusan ini, terdapat beberapa faktor sebagai acuan penilaian yaitu harga tiket, jumlah penerbangan, ketepatan jadwal penerbangan, type pesawat, kemudahan memperoleh tiket, layanan di bandara dan perubahan tiket. Adapun hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode MFEP adalah untuk penentuan maskapai terbaik dengan rute Surabaya ke Jakarta diperoleh hasil maskapai Lion Air memiliki nilai tertinggi yakni 4.891 dibandingkan dengan maskapai lainnya. Untuk rute Surabaya ke Denpasar diperoleh hasil maskapai Air Asia memiliki nilai tertinggi 3.607 dibandingkan dengan maskapai lainnya. Sedangkan untuk rute Surabaya ke Bandung diperoleh hasil maskapai Air Asia memiliki nilai tertinggi 3.179 dibandingkan dengan maskapai lainnya.Dan untuk rute Surabaya ke Medan diperoleh hasil maskapai Lion Air memiliki nilai tertinggi 3.714 dibandingkan dengan maskapai lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 25, 2017
How to Cite
HIDAYAT, Hari Toha; SAPTARINI, Ni G.A.P. Harry. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MASKAPAI TERBAIK PADA RUTE DOMESTIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP). Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 151, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/266>. Date accessed: 26 apr. 2024.