PENGGUNAAN KONTROL MASSA AKTIF UNTUK MEREDAM GETARAN STRUKTUR SKALA BESAR

  • I Made Suardana Kader Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Suasira Politeknik Negeri Bali
  • I Made Jaya
  • Kadek Adi S Politeknik Negeri Bali

Abstract

Dengan perkembangan teknologi dewasa ini, struktur skala besar dengan bobot kecil menjadi trend baru karena dapat mengurangi biaya dan energi. Akan tetapi, semakin kecil rasio antara berat dan ukuran struktur tersebut akan menyebabkan struktur lebih lentur sehingga menjadi sangat sensitif terhadap masalah getaran. Ketidakkakuan struktur telah menyebabkan banyak masalah vibrasi, sehingga perlu dikembangkan suatu konsep perancangan konstruksi bangunan yang mampu secara aktif beradaptasi terhadap beban-beban dinamik. Dalam hal ini respon struktur yang berupa perpindahan, kecepatan dan percepatan yang terjadi akibat beban luar dinamik dapat dikendalikan dengan menggunakan suatu sistem kontrol yang bekerja secara aktif dan mampu beradaptasi terhadap gangguan luar yang bekerja pada struktur tersebut, dengan demikian karakteristik dan perilaku dinamik dari struktur bangunan dapat diperbaiki dan ditingkatkan.
Beberapa sistem untuk membatasi gerakan struktur bangunan tinggi yang terjadi akibat gempa dan angin diantaranya adalah peredam massa aktif (Active Mass Damper) dan Tuned Mass Damper (TMD) yang telah banyak diaplikasikan di negara-negara maju. Namun demikian, sampai saat ini masih terus dilakukan penelitian-penelitian untuk mendapatkan gaya kontrol yang stabil dan efektif agar diperoleh struktur yang aman, nyaman, dan handal sesuai dengan persyaratan dan peraturan-peraturan yang berlaku.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 18, 2017
How to Cite
KADER, I Made Suardana et al. PENGGUNAAN KONTROL MASSA AKTIF UNTUK MEREDAM GETARAN STRUKTUR SKALA BESAR. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 69, mar. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/464>. Date accessed: 22 mar. 2019.