KRIPTOGRAFI KLASIK TEKNIK SUBSITUSI UNTUK KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN VB.Net 2008

  • Sri Andayani Sekolah Tinggi Teknik Musi
  • Dionysius Spironabel Agista Sekolah Tinggi Teknik Musi

Abstract

Kriptografi sudah dikenal sejak berabad yang lalu. Kriptografi sejak dulu sampai sekarang digunakan untuk keamanan data. Kriptografi sendiri terdapat dua macam yaitu kriptografi klasik dan kriptografi modern. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi yang menerapkan kriptografi klasik dengan teknik substitusi. Beberapa algoritma pada teknik substitusi di antaranya adalah: caesar chiper, affine chiper, monoalphabetic chiper dan vigenere chiper. Kriptografi klasik mempunyai beberapa kelebihan yaitu: berbasis karakter, dapat menggunakan pena dan kertas dan termasuk dalam kriptografi kunci simetris, sedangkan alasan menggunakan kriptografi klasik yang telah lama tidak digunakan lagi adalah: dapat digunakan untuk mempelajari konsep dasar kriptografi, kriptografi klasik menjadi konsep dasar
kriptografi modern dan dapat digunakan untuk memahami kelemahan sistem kode. Sebuah algoritma disebut chiper yang merupakan persamaan matematika yang digunakan untuk proses enkrips i dan deskripsi. Proses enkripsi adalah mengubah pesan asli dengan menggunakan sebuah kunci menjadi pesan yang tersembunyi atau tidak dikenali sedangkan proses deskripsi adalah proses mengubah kembali pesan yang tidak dikenali kembali pesan asli dengan menggunakan kunci yang sama. Algoritma-algoritma kriptografi klasik dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic.net 2008 dengan alasan tampilan visual lebih menarik dan penulisan source code lebih mudah dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 18, 2017
How to Cite
ANDAYANI, Sri; AGISTA, Dionysius Spironabel. KRIPTOGRAFI KLASIK TEKNIK SUBSITUSI UNTUK KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN VB.Net 2008. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 75, mar. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/465>. Date accessed: 16 sep. 2019.