KAJIAN ANALISIS PERFORMANSI SISTEM FIRE ALARM DENGAN MODE ADDRESABLE DAN NON ADDRESABLE MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

  • I Gusti Putu Arka Politeknik Negeri Bali

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan performansi sistem fire alarm yang paling baik dalam sistem pengaman gedung. Sistem Fire Alarm memiliki2 mode pendeteksian dengan mode addressable (pengalamatan) dan mode non addressable (konvensional) dengan karakter masing-masing.


Dengan Algoritma Genetika, suatu solusi dari penentuan modedirepresentasikan dalam sebuah kromosom  atau  individu  dengan  struktur  tertentu.  Kromosom  yang  terkumpul  dalam  populasi mengalami berbagai proses, mulai dari seleksi, pindah silang, mutasi, hingga pergantian generasi. Kromosomyang lolos diharapkan adalah yangterbaik,yang merupakan solusi mode yang terbaik bagi sistem fire alarm.Penggabungan kedua mode ini maka dapat terbentuk system fire alarm mode semi addressable.Pada mode semi Addressable ini panel dan jaringannya menggunakan Addressable, namun hanya saja satu module melayani beberapa detector non addressable.


Pemanfaatan system fire alarm akan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran pada gedung dan membuat system pengaman gedung menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 18, 2017
How to Cite
ARKA, I Gusti Putu. KAJIAN ANALISIS PERFORMANSI SISTEM FIRE ALARM DENGAN MODE ADDRESABLE DAN NON ADDRESABLE MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 32, mar. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/479>. Date accessed: 19 apr. 2024.