APLIKASI PENATAAN PARKIR BASEMENT MOBIL DENGAN POLA PETAK PARKIR 900 MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA PARKIR MALL RAMAYANA DENPASAR

  • I Ketut Sutapa Politeknik Negeri Bali
  • I Made Sudiarsa Politeknik Negeri Bali
  • I Nengah Darma Susila Politeknik Negeri Bali

Abstract

Mall Ramayana Denpasar sebagai pusat perbelanjaan memiliki fasilitas parkir baik di dalam maupun di luar gedung. Untuk meningkatkan kepuasan pengguna parkir, maka dilakukan pemberlakuan pola petak parkir mobil dengan sudut 900  melalui penerapan teknologi tepat guna dengan pendekatan sistemik, holistik, interdisipliner dan partisipatori. Pengukuran kondisi lingkungan (suhu, kelembaban, kebisingan, intensitas cahaya) dilakukan menggunakan alat environment meter  dan anemometer (kecepatan angin). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan diuji normalitasnya dengan uji Shapiro-Wilk  dan uji beda dengan One Way Anova, sedangkan yang tidak berdistribusi normal menggunakan uji Wilcoxon pada tingkat kemaknaan 5%. Hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap perbaikan basement parkir mobil menunjukkan terjadinya peningkatan terhadap kepuasan ditinjau dari penurunan beban kerja sebesar 17,57%, penurunan penggunaan energi otot sebesar 29,96%, peningkatan kemudahan parkir sebesar 35,79%, peningkatan kenyamanan parkir  sebesar  54,63%, dan peningkatan produktivitas parkir sebesar 29,50%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 10, 2017
How to Cite
SUTAPA, I Ketut; SUDIARSA, I Made; SUSILA, I Nengah Darma. APLIKASI PENATAAN PARKIR BASEMENT MOBIL DENGAN POLA PETAK PARKIR 900 MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA PARKIR MALL RAMAYANA DENPASAR. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 13-17, june 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/515>. Date accessed: 19 nov. 2017.