KAJIAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR MATA AIR TUKAD SABA, BANJAR PERANGSADA DI DESA PERING, KECAMATAN BLAHBATAUH, KABUPATEN GIANYAR

  • I Gusti Lanang Made Parwita
  • I Gusti Ayu Dewi Paramita
  • I Nyoman Anom PW
  • I Kadek Adi Suryawan

Abstract

Keberadaan sumber daya air  mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan manusia dalam berbagai aspek. Demikian juga dengan keberadaan mata air mempunyai arti yang sangat penting bagi masyarakat Bali ditinjau dari sisi sosial kemasyarakatan maupun dalam kaitannya dengan kegiatan upacara keagamaan Hindu. Dalam hal ini telah dilakukan langkah-langkah konservasi berupa pengembangan infrastruktur oleh berbagai pihak yang memiliki otoritas  didukung oleh segenap lapisan masyarakat.


Mata air Tukad Saba yang terletak di Banjar Perangsada Desa Pering Kecamatan Blahbatauh merupakan mata air yang sampai saat ini masih dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti keperluan permadian,  sumber mata air alami serta fungsi suci sebagai tempat melakukan aktivitas keagamaan bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.


Dari pengamatan dan observasi komprehensif yang telah  dilakukan menunjukkan bahwa mata air ini sangat membutuhkan pengembangan infrastruktur seperti pembuatan tempat permandian, perbaikan tangga masuk, peninggian dasar pura beji, perbaikan bacak penampung, pembuatan penyengker dan candi bentar. Usulan pengembangan infrasturktur ini diharapkan memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat dalam melakukan aktivitas terkait dengan keberadaan mata air Tukad Saba

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 13, 2017
How to Cite
PARWITA, I Gusti Lanang Made et al. KAJIAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR MATA AIR TUKAD SABA, BANJAR PERANGSADA DI DESA PERING, KECAMATAN BLAHBATAUH, KABUPATEN GIANYAR. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 59, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/55>. Date accessed: 25 may 2019.