ANALISIS MENENTUKAN KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI ALGORITMA GENETIKA BERBASISKAN PEMROGRAMAN MATLAB

  • I Gede Suputra Widharma Politeknik Negeri Bali
  • I Nengah Sunaya Politeknik Negeri Bali

Abstract

Pembebanan pada sistem distribusi merupakan salah satu penyebab timbulnya panas dan rugi-rugi
pada sistem tersebut. Hal ini tentunya akan berdampak pada keandalan sistem distribusi tersebut semakin menurun. Dengan demikian kualitas pelayanan terhadap masyarakat akan dianggap semakin menurun, sehingga ini akan berdampak negatif terhadap citra pelayanannya. Parameter yang dipakai dalam menguji keandalan sistem ini adalah SAIDI dan SAIFI. Kedua parameter ini dapat dihitung berdasarkan waktu keluar dan rata-rata kegagalan dalam setahun. Penelitian ini memanfaatkan program simulasi dengan menggunakan metode algoritma genetika dan pemrograman dengan Matlab.
Untuk menguji performa dan kinerja program yang dirancang, maka diuji 5 (lima) unit gardu distribusi pada Penyulang. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin besar pembebanan suatu transformator maka nilai fitness berkurang dan berarti keandalan sistem semakin berkurang. Peningkatan efisiensi trafo dapat meningkatkan nilai fitness dan keandalan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 15, 2017
How to Cite
WIDHARMA, I Gede Suputra; SUNAYA, I Nengah. ANALISIS MENENTUKAN KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI DENGAN PEMANFAATAN APLIKASI ALGORITMA GENETIKA BERBASISKAN PEMROGRAMAN MATLAB. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 19, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/75>. Date accessed: 25 apr. 2024.