PEMANFAATAN LIMBAH KULIT CANGKANG KOPI ARABIKA DALAM BENTUK BRIKET SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF

  • Ida Bagus Gde Widiantara Politeknik Negeri Bali
  • I Made Anom Adiaksa Politeknik Negeri Bali

Abstract

Kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang energi sudah cukup jelas dalam mengembangkan
sumber energi terbaharukan (renewable energy) yang dihasilkan dari sumber daya energi alami yang tidak akan habis dan berkelanjutan. Biomassa merupakan salah satu alternatif energi/bahan bakar dari salah satu limbah perkebunan adalah cangkang kulit kopi yang selama ini hanya dianggap sebagai sampah tetapi dengan
pengolahan serta metode yang tepat dapat dijadikan sebuah sumber energi. Melihat permasalahan ini peneliti mencoba untuk mengarangkan, mencampur dengan tepung tapioka sebagai perekat dan terakhir memadatkannya.
Dari hasil uji laboratorium, briket cangkang kulit kopi belum menujukkan hasil yang baik dengan nilai kalor sebesar 5631,21 cal/gr dimana nilai ini belum masuk pada standar sebuah briket. Tetapi, setelah penulis melakukan wawancara dengan petani, cangkang kulit kopi yang telah kering akibat proses pengarangan dapat dipergunakan langsung sebagai pupuk organik, mengingat para petani juga terkendala oleh pupuk kopi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 15, 2017
How to Cite
WIDIANTARA, Ida Bagus Gde; ADIAKSA, I Made Anom. PEMANFAATAN LIMBAH KULIT CANGKANG KOPI ARABIKA DALAM BENTUK BRIKET SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, [S.l.], v. 5, n. 1, feb. 2017. ISSN 2580-5630. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/matrix/article/view/79>. Date accessed: 24 apr. 2024.