%A Ari Pemayun, I Dewa Gede %A Meirejeki, I Nyoman %A Swabawa, Anak Agung %D 2018 %T PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEDAGANG PASAR SENI GUWANG DI DESA GUWANG, SUKAWATI, GIANYAR %B 2018 %9 %! PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PEDAGANG PASAR SENI GUWANG DI DESA GUWANG, SUKAWATI, GIANYAR %K %X Pelatihan bahasa Mandarin, etika profesi wira usaha, dan pemasaran on line dilaksanakan di desa Guwang yang bertujuan meningkatkan kualitas layanan, diberikan kepada para pedagang yang berjualan di pasar seni Guwang Sukawati. Pelatihan ini secara operasional berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 - 20 Mei 2017, di mana metode yang digunakan berupa: ceramah, Tanya jawab, dan metode percakapan. Untuk pelatihan etika profesi menggunakan metode cermah dan metode simulasi, sedangan untuk pelatihan pemasaran on line menggunakan metode ceramah dan praktek langsung menggunakan lap top. Luaran yang dihasilkan berupa sasaran yang ingin dicapai yang meliputi: peningkatan kemampuan para pedagangĂ‚  untuk berkomunikasi dalam bahasa Mandarin dengan wisatawan China secara efektif, peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada wisatawan yang berkunjung ke pasar seni seni Guwang dan peningkatan kemampuan menggunakan internet dalam mempromosikan pasar seni dan semua jenis barang yang dijualnya. Sedangkan manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini berupa: 1) dapat memperkaya kemampuan intelektual demi meningkatkan kompetensi saat memasuki dunia kerja terutama menyikapi perkembangan pesat ekonomi Tiongkok dan globalisasi, 2) dapat menjaga martabat serta kehormatan profesi, dan melindungi masyarakat dari segala bentuk penyimpangan maupun penyalah-gunaan kehlian, sehingga dapat Ă‚ meningkatkan kesadaran untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan wisatawan, 3) dapat membantu para pebisnis untuk menciptakan strategi pemasaran secara tepat %U https://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view?path= %J Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS %0 Journal Article %& 44%P 1 %V 3 %N 1 %@ 2580-5606 %8 2018-01-05 %7 2017-12-29