PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN MASAKAN SEAFOODS UNTUK MENUNJANG PARIWISATA DI DESA WISATA SERANGAN

  • I Made Darma Oka Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali
  • I Nyoman Winia Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Pugra Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali

Abstract

Desa Serangan merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah terkenal di pulau Bali baik oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Keberadaan kawasan ini sangat strategis karena berada diantara dua destinasi wisata utama yaitu kawasan pariwisata Nusa Dua di selatan dan kawasan pariwisata Sanur berada di belahan timur dayanya. Desa Serangan berada 10 km dengan pusat Kota Denpasar.  Desa Serangan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi desa karena memiliki daya tarik wisata yang unik seperti keindahan alam pantai yang berpasir putih serta usaha pelestarian hewan langka penyu. Perekonomian  masyarakat desa Serangan adalah dominan dari kegiatan kelautan dan perikanan. Kegiatan perekonomian tersebut terdiri atas berbagai kegiatan terkait dengan bidang perikanan yaitu adanya kelompok nelayan pantai yang menangani terumbu karang, kelompok nelayan yang menangani keramba, dan kelompok nelayan lepas pantai untuk menangkap ikan di laut lepas.  Namun hasil masyarakat tersebut belum terkelola secara professional, sehingga belum mampu memberikan manfaat maksimal terhadap kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan pendidikan dan pelatihan terhadap masyarakat desa Serangan khususnya ibu-ibu PKK sehingga mampu meningkatkan nilai jual dari hasil perikanan para nelayan lokal. Kegiatan pelatihan oleh tim Food and Beverages Division Politeknik Negeri Bali terhadap masyarakat lokal (ibu-ibu PKK) telah mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam mengolah makanan berbahan dasar ikan laut dalam usaha mendukung sektor pariwisata yang berkembang di desa Serangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 24, 2017
How to Cite
DARMA OKA, I Made; WINIA, I Nyoman; PUGRA, I Wayan. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PENGOLAHAN MASAKAN SEAFOODS UNTUK MENUNJANG PARIWISATA DI DESA WISATA SERANGAN. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 62, feb. 2017. ISSN 2580-5606. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/250>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles