%A Ramadhan, Ilham %A Chan, Arianis %A Tresna, Pratami Wulan %D 2020 %T Pengaruh Etnosentrisme Konsumen terhadap Minat Beli Serial Film Superhero Bumilangit Cinematic Universe %B 2020 %9 %! Pengaruh Etnosentrisme Konsumen terhadap Minat Beli Serial Film Superhero Bumilangit Cinematic Universe %K %X Kemudahan distribusi film superhero impor di pasar nasional membuat film superhero domestik menjadi terancam. Hal ini diperlihatkan dengan jumlah penonton yang relatif rendah pada film superhero domestik dibandingkan dengan film superhero impor, sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh etnosentrisme konsumen terhadap minat beli seri seri film superhero dalam negeri. Penelitian ini dilakukan terhadap 115 pengguna TIX ID di Kota Bandung dengan menggunakan metode purpossive sampling . Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi linier sederhana melalui program statistical program for social science (SPSS) . Hasil penelitian memperlihatkan bahwa konsumen di Indonesia memiliki etnosentrisme yang tinggi. Tingginya etnosentrisme konsumen tersebut dibangun oleh lima konstruksi, yaitu prosociality, cognition, insecurity, reflexiveness , dan habituation . Pada penelitian ini memperlihatkan bahwa konsumen memiliki minat beli yang tinggi terhadap Bumilangit Cinematic Universe. Hasil perhitungan juga menjelaskan bahwa etnosentrisme konsumen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli serial film superhero domestik. Hal ini memberikan implikasi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam menonton serial film domestik yang menyebabkan tingginya jumlah penonton yang diperoleh Bumilangit Cinematic Universe  sehingga mampu bersaing dengan film superhero impor di pasar film nasional. %U https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view?path= %J Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan %0 Journal Article %R 10.31940/jbk.v16i3.2086 %& 243 %P 12 %V 16 %N 3 %@ 2580-5614 %8 2020-11-28 %7 2020-11-28