TY - JOUR AU - Widyasari, Ni Putu Krisna Ayu AU - Gede, I Gusti Ketut AU - Rumini, Ni Luh Putu Inten PY - 2018/04/01/ TI - Strategi Pelayanan pada PT Astra Internasional, Tbk – Honda Sales Office Cokroaminoto JF - Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan; Vol 14 No 1 (2018): JBK - Jurnal Bisnis dan KewirausahaanDO - 10.31940/jbk.v14i1.815 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pelayanan pada PT Astra Internasional,Tbk – Honda Sales Office Cokroaminoto. Penelitian dilakukan selama 3 bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan bulan maret 2017 pada divisi Sales Office PT Astra Internasional, Tbk – Honda Cabang Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT dengan matrik IFAS ( Internal Factors Analysis Summary ) , Matrik EFAS ( External Factors Analysis Summary ) dan matrik IE ( Internal External ).Hasil analisis dari matriks IFAS menunjukan bahwa faktor strategis yang menjadi kekuatan utama pada perusahaan adalah kemudahan menemukan lokasi AHASS dengan skor   0,292 dan kualitas hasil servis dengan skor 0,292. Sedangkan strategis internal yang menjadi kelemahan utama perusahaan adalah waktu menunggu servis dengan skor 0,146. Secara   menyeluruh diperoleh total skor sebesar 3,043 yang menunjukan bahwa posisi internal perusahaan kuat. Hasil analisis matriks EFAS menunjukan bahwa faktor strategis yang menjadi peluang utama perusahaan adalah pemberian diskon servis dan hadiah pada hari-hari tertentu dengan skor 0,424 dan yang menjadi ancaman utama adalah inovasi dari pesaing dengan skor 0,164. Dari hasil perhitungan matriks IFAS secara menyeluruh diperoleh total skor sebesar 2,788 yang menunjukkan bahwa perusahaan sudah mempunyai strategi yang baik dalam mengantisipasi ancaman eksternal. Hasil pemetaan pada matriks IE  memperlihatkan bahwaDivisi Sales Office  dalam hal peningkatan pelayanan dan membina membangun pelanggan menempati posisi sel IV. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan berada pada posisi grow and build (tumbuh dan berkembang). Implikasi bagi perusahaan dapat mengetahui strategi yang dapat dipertahankan dan dikembangkan, sedangkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bahwa strategi diterapkan dengan baik akan mempermudahkan tercapainya tujuan perusahaan. UR - https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view?path=