Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa

  • Asni Harianti Universitas Kristen Maranatha
  • Maya Malinda Universitas Kristen Maranatha
  • Nur Nur Universitas Kristen Maranatha
  • Henky Lisan Suwarno Universitas Kristen Maranatha
  • Yolla Margaretha Universitas Kristen Maranatha
  • Devas Kambuno Universitas Kristen Maranatha

Abstract

Pendidikan kewirausahaan digalakkan terkait isu pengangguran terbuka di Indonesia. Penerapan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dimaksudkan untuk mendidik individu memilih karir wirausaha. Penelitian ini bertujan untuk menggambarkan persepsi mahasiswa mengenai efektivitas metode pembelajaran pendidikan kewirausahaan. Penelitian deskriptif ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui survei kepada 155 peserta didik mata kuliah Perencanaan Bisnis pada Program Studi Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Ditinjau dari persepsi mahasiswa, hasil penelitian ini secara rata-rata menggambarkan, bahwa metode pembelajaran kewirausahaan dinilai efektif memiliki peran dalam meningkatkan motivasi, kompetensi, dan menumbuhkan minat wirausaha. Metode pembelajaran kewirausahaan yang bersifat praktik dapat lebih ditingkatkan agar dapat melibatkan mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dan memberikan dampak positif pada minat wirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 28, 2020
How to Cite
HARIANTI, Asni et al. Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 16, n. 3, p. 214-220, nov. 2020. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/2194>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v16i3.2194.