PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, KEPRIBADIAN DAN SOSIAL YANG DIMILKI DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

(Studi Empiris Pada STIIE AMM Mataram)

  • irianto Irianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang dimiliki dosen terhadap hasil belajar mahasiswa pada STIE AMM Mataram. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif, dengan populasi penelitian adalah seluruh  mahasiswa program sarjana (S1) Manajemen dan program sarjana (S1) Akuntansi yang telah menempuh perkuliahan selama enam semester atau mahasiswa yang masuk di STIE AMM Mataram tahun angkatan 2011/2012 yang terdaftar pada semester genap tahun akademik 2013/2014. Jumlah populasi sebesar 278 orang terdiri dari 123 orang S1 Akuntansi dan 155 S1 Manajemen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan tehnik  sampling sistematis. Dari jumlah tersebut peneliti menentukan sampel sebanyak 50 orang dari akuntansi dan 50 orang dari Manajemen yang akan menilai kopetensi dosen berdasarkan persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar. Secara parsial kompetensi pedagogik dan profesional berpengaruh terhadap Hasil Belajar sedangkan kompetensi kepribadian dan sosial tidak berpengaruh terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 16, 2017
How to Cite
IRIANTO, irianto. PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, KEPRIBADIAN DAN SOSIAL YANG DIMILKI DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 11, n. 1 Maret, p. 46, feb. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/99>. Date accessed: 28 mar. 2024.