%A Arthana, I Wayan Gede %A Widyarta, I Made %A Suardana, Ngakan Putu Gede S %D 2017 %T KETAHANAN AUS LAPISAN Ni-Cr PADA DINDING SILINDER LINER DENGAN MENGGUNAKAN POWDER FLAME SPRAY COATING %B 2017 %9 %! KETAHANAN AUS LAPISAN Ni-Cr PADA DINDING SILINDER LINER DENGAN MENGGUNAKAN POWDER FLAME SPRAY COATING %K %X Piston yang bergerak bolak-balik mengakibatkan keausan pada dinding cylinder liner bagian dalam, hal ini akan menimbulkan penambahan kelonggaran antara torak dan silinder, sehingga dapat menyebabkan kebocoran gas, tekanan kompresi berkurang dan tenaga yang dihasilkan juga berkurang. Agar keausan silinder tidak terlalu banyak maka diupayakan bahan yang digunakan tahanan aus dan juga tahan terhadap panas. Akan tetapi penggunaan bahan yang tahan aus serta tahan panas akan mengakibatkan biaya produksi akan semakin meningkat. Teknologi pelapisan material telah menjadi perhatian besar di lingkungan penelitian dan industri dikarenakan merupakan cara yang efektif dan secara ekonomis lebih murah dalam menahan degradasi seperti keausan, oksidasi, korosi, atau kerusakan pada suhu tinggi tanpa mengorbankan material sampel yang dilapisinya. Oleh karena itu penelitian ini dikaji pengaruh lapisan Ni-Cr menggunakan Powder flame spray coating terhadap kekerasan dan ketahanan aus dinding silinder liner menggunakan teknik XRF, mikroskop optik, SEM, uji kekerasan dan keausan. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa setelah dilakukan pelapisan dengan teknik powder flame spray coating menggunakan bahan pelapis Ni-Cr menghasilkan kekerasan permukaan yang cukup signifikan yaitu sebesar 536 HV dan 206 HV tanpa pelapisan. Perbedaan ketebalan lapisan tidak mempengaruhi dari nilai kekerasan pada permukaan benda uji. Distribusi kekerasan pada posisi cross-section hasil pelapisan menunjukkan kekerasan rata-rata sebesar 536 HV. Volume keausan benda uji yang dilapiskan menunjukkan nilai sebesar 12,04x10-3 mm3 dibandingkan dengan tanpa pelapisan sebesar 67,5x10-3 mm3. Benda uji yang memiliki kekerasan lebih tinggi menunjukkan nilai Coefficient of Friction yang lebih rendah. %U https://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view?path= %J Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi %0 Journal Article %& 87%P 1 %V 14 %N 2 %@ 2580-5649 %8 2017-02-25 %7 2014-07-31