ANALISIS PERFORMANSI INTEGRASI HEAT RECOVERY PADA SISTEM PENGKONDISIAN DENGAN PENGATURAN DEBIT AIR MASUK

  • Luh Putu Ike Midiani Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali

Abstract

Telah banyak riset yang dilakukan untuk memaksimalkan pemanfaatan panas buang dari sistem pengkondisian udara (AC) untuk pemanasan air. Pemanfaatan panas buang sistem AC dilakukan tanpa mengganggu fungsi dari sistem AC tersebut. Sistem AC dijaga agar tetap dapat  bekerja secara simultan sehingga performansi sistem dapat meningkat.


Dalam penelitian ini sebuah unit heat recovery diintegrasikan  untuk memanfaatkan uap superheat dari kerja kompresi pada sistem AC. Unit heat recovery diuji performansi energi berdasarkan pengaturan debit air masuk heat recovery. Debit air masuk ke heat recovery akan mempengaruhi laju aliran massa dan laju aliran massa akan mempengaruhi jumlah panas yang dapat direcovery. Pengaturan debit air masuk heat recovery diperlukan untuk menjaga agar panas yang ditransfer ke air dan panas yang akan digunakan untuk kerja kondensor tetap seimbang, sehingga performansi dari sistem AC tetap dapat terjaga.


Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengaturan debit air masuk ke heat recovery akan mempengaruhi jumlah panas yang direcovery. Panas yang dapat direcovery meningkat sebanding dengan meningkatnya debit air masuk heat recovery. Peningkatan ini dapat berbanding lurus disebabkan hanya laju alir massa yang berpengaruh terhadap panas yang dapat direcovery, sedangkan cp dan ΔTHE adalah  tetap.Selanjutnya pengaturan debit air masuk heat recovery melalui perhitungan ini akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan jumlah panas yang akan direcovery sehingga didapatkan COP yang terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 24, 2017
How to Cite
IKE MIDIANI, Luh Putu. ANALISIS PERFORMANSI INTEGRASI HEAT RECOVERY PADA SISTEM PENGKONDISIAN DENGAN PENGATURAN DEBIT AIR MASUK. Logic : Jurnal Rancang Bangun dan Teknologi, [S.l.], v. 16, n. 3, p. 150, feb. 2017. ISSN 2580-5649. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/LOGIC/article/view/220>. Date accessed: 04 july 2022.
Section
Articles