FLIPPED LEARNING DALAM PENGAJARAN WRITING: PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI DAN ASPEK KEMAMPUAN KOLABORATIF

  • Gusti Nyoman Ayu Sukerti Politeknik Negeri Bali
  • Elina Rudiastari Politeknik Negeri Bali
  • Kadek Yogi Susana Politeknik Negeri Bali

Abstract

Metode pengajaran flipped learning memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengalami proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dengan membalik strategi penyampaian materi perkuliahan. Dengan demikian, waktu yang sangat terbatas di kelas dapat digunakan untuk mendiskusikan kesulitan yang dihadapi peserta didik, menyamakan persepsi serta melakukan aktifitas yang berpusat pada kegiatan kolaboratif di dalam kelompok. Metode pedagogis flipped learning memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menggunakan sebagian besar waktu di kelas untuk fokus pada proses diskusi dan kerja kelompok sehingga mahasiswa memperoleh pengalaman deep and autonomous learning. Metode ini diterapkan di matakuliah Bahasa Inggris III di Program Studi Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektro di salah satu perguruan tinggi vokasi di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang metode flipped learning menggunakan learning management system yaitu Edmodo dalam pembelajaran writing. Data kualitatif diperoleh dari kuesioner daring berupa google form yang terdiri pertanyaan tipe skala dan focus group discussion. Hasil kuesioner dianalisis untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penerapan flipped learning dan aspek kompetensi kolaboratif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberi respons positif terhadap penerapan flipped learning karena dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing individu dalam menyerap materi, meningkatkan interaksi dalam diskusi kelompok dan manajemen waktu yang lebih fleksibel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 9, 2019
How to Cite
AYU SUKERTI, Gusti Nyoman; RUDIASTARI, Elina; YOGI SUSANA, Kadek. FLIPPED LEARNING DALAM PENGAJARAN WRITING: PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI DAN ASPEK KEMAMPUAN KOLABORATIF. Proceedings, [S.l.], p. 153-167, oct. 2019. Available at: <https://ojs.pnb.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/1515>. Date accessed: 20 apr. 2024.