%A Dewi Paramita, I Gusti Ayu Putu %D 2017 %T KEEFEKTIFAN METODE GLENN DOMAN DALAM MENGAJAR ANAK MEMBACA PERMULAAN %B 2017 %9 %! KEEFEKTIFAN METODE GLENN DOMAN DALAM MENGAJAR ANAK MEMBACA PERMULAAN %K %X Belajar adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki anak – anak dalam mempersiapkan hari sekolah mereka di SD. Kegiatan membaca menjadi sebuah aktivitas yang sangat menentukan dalam kehidupan sekolah mereka. Semuanya dimulai dengan membaca, oleh karena itu agar mampu melakukan tugas-tugas mereka di sekolah maka orang-tua harus mempersiapkan mereka untuk bisa membaca. Mengajar anak-anak sangatlah berbeda dengan mengajar orang dewasa, mereka harus diberi kasih sayang dan jangan berada dalam tekanan. Orang-tua harus menemukan metode yang tepat untuk melakukan hal ini. Metode Glenn Doman adalah sebuah metode yang bisa yang bisa dicoba para orang-tua. Ini adalah sebuah metode menggunakan kartu-kartu dengan berbagai ukuran tulisan yang pada akhirnya akan membantu mereka membaca dengan mengingat hurufnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Glenn Doman cukup efektif atau tidak dengan melakukan studi banding dengan membandingkan dua orang anak. Satu anak diajarkan dengan metode Glenn Doman dan yang lainnya diajar membaca dengan metode mengeja biasa. Terbukti hanya dalam waktu lima bulan anak yang diajarkan dengan menggunakan metode Glenn Doman mampu membaca dengan lancar. Keburukan dari metode ini adalah adalah bahwa anak mengetahui kata namun tidak mengenal huruf, ketika dihadapkan pada kata baru mereka sama sekali tidak bisa dan tidak mampu mengeja karena tidak pernah diajarkan demikian. Kelebihan metode ini adalah mengajar tanpa menekan selalu memberikan dukungan dengan memeluk dan selalu memberikan mereka semangat tanpa memberikan tekanan. %U https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view?path= %J Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora %0 Journal Article %& 267%P 1 %V 6 %N 3 %@ 2088-2262 %8 2017-02-24 %7 2017-02-24