ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK KOPI BIJI SALAK

  • Ni Wayan Dewinta Ayuni Politeknik Negeri Bali
  • I Made Anom Adiaksa Politeknik Negeri Bali
  • I Gusti Agung Mas Krisna Komala Sari Politeknik Negeri Bali

Abstract




Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat digemari masyarakat. Salah satu inovasi dalam minuman kopi adalah bahan baku biji kopi yang digunakan. Dewasa ini berkembang suatu bahan baku pengganti biji kopi dengan biji salak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan pelanggan (customer satisfaction index) dari produk kopi biji salak. Beberapa atribut yang diuji dalam penelitian ini adalah aroma, acidity, body, flavor, aftertaste, sweetness, conformance, aesthetic, dan inovasi yang dianalisis dengan metode customer satisfaction index (CSI) dengan memperhitungkan perbandingan tingkat performance dan importance dari masing-masing atribut. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa atribut yang memiliki tingkat performance lebih besar dibandingkan tingkat importance nya, yaitu . Indeks kepuasan konsumen terhadap produk kopi biji salak sebesar 75.35% atau pada level puas.




Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 20, 2017
How to Cite
AYUNI, Ni Wayan Dewinta; ADIAKSA, I Made Anom; KOMALA SARI, I Gusti Agung Mas Krisna. ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK KOPI BIJI SALAK. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 120, dec. 2017. ISSN 2580-5614. Available at: <http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/702>. Date accessed: 24 may 2019. doi: http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v13i2.702.